Pelatihan Pencegahan Dan Mitigasi Bencana Di Ikuti 100 Pelajar SMA/SMK Se-Beltim

Acara pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana bersama pelajar SMA/SMK Se-Beltim, Kamis ( 28/10/2021 ).

Manggar – Belitung Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melaksanakan kegiatan positif di penghujung Bulan Oktober 2021. Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana kali ini dilaksanakan di Manggar Belitung Timur dengan sasaran 100 orang pelajar SMA/SMK sederajat, pada hari Kamis ( 28/10/2021).

Acara yang di awaki  Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, di hadiri secara langsung Oleh Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar, Kepala Pelaksana Harian ( Kalakhar) BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa, serta perwakilan dari BMKG. Di temui setelah acara tersebut, Mikron Antariksa menjelaskan bahwa sasaran Acara Mitigasi bencana ini adalah para pelajar SMA/SMK Se-Beltim karena dianggap lebih cepat memahami materi yang disampaikan.

” Menjadi dasar kita untuk mensosialisasikan kepada pemuda, kepada anak-anak, dan mereka juga bisa langsung memberitahukan kepada orangtuanya, seperti apa tindakan ketika terjadi bencana. Dan hal ini yag menurut kami sangat penting dan sangat potensial kepada pemuda, terutama Anak SMA di dalam pelaksanaan sosialisasi ini,” ungkap Mikron.

Mikron pun menambahkan, bahwa Kabupaten/kota di babel rata-rata berada di pinggir pantai, sehingga ini sangat berpengaruh terhadap kerawanan kebencanaanya. sedangkan untuk titik rawan bencana wilayah Beltim yaitu Kecamatan Kelapa Kampit. Masyarakat dihimbau untuk waspada sampai Bulan Februrari 2022 mendatang, karena di prediksi akan terjadi banjir Rob di wilayah Indonesia dan juga hujan dengan intesitas cukup tinggi akibat dari fenomena La Nina.

“Jadi harapan kami, itu bisa dilaksanakan dari sekarang, itu yanng pertama. Yang kedua tentu saja kita untuk dapat selalu sehat, selalu kuat, dan selalu tangguh karena saat sekarang pandemi Covid-19 belum berkahir. Sehingga kita harus selalu menjaga imunitas tubuh kita” tutup Mikron. ( lury ).