Babel Masuk Level 1 Covid-19, Mikron: Tetaplah Taat Protokol Kesehatan..!

Mikron Antariksa, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Penanganan pandemi covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menunjukkan trend positif.
Setidaknya satu bulan belakangan ini, hampir tidak ditemukan kasus baru warga terpapar covid-19.
Kalaupun ada tidak lebih dari 1-2 orang untuk satu kota atau kabupaten. Paktis kasus baru covid-19 di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melandai.

Berdasaran Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 27 Tahun 2022, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level-3, level 2 dan level 1, serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran corona virus disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, disebutkan bahwa kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan dengan kriteria level 1 dan level 2.

Untuk daerah tingkat 2 yang mendapatkan level 2 antara lain, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka Barat. Sementara untuk daerah tingkat 2 yang masuk level 1 meliputi Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang.

“Kita bersyukur daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sudah ditetapkan pusat dalam kondisi level 1 dan level 2. Artinya kondisi Negeri Serumpun Sebalai ini makin membaik,” ungkap Mikron Antariksa, Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dikatakan Mikron, membaiknya kondisi Bangka Belitung saat ini, selain program vaksinasi yang berjalan sukses, juga ketaatan masyarakat Babel terhadap protokol kesehatan juga masih tinggi.

Apalagi, vaksiinasi booster juga sukses mencapai target di Bangka Belitung, sehingga penyebaran kasus baru covid 19 terus bisa ditekan.

“Keberhasilan ini merupakan kerja keras kita bersama. Para petugas maupun instansi dan lembaga serta pihak swasta saling membahu mensukseskan vaksinasi di Bangka Belitung,” ujar Mikron.

Namun demikian, kata Mikron, status level 1 dan level 2 yang disandang Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Babel saat ini, jangan menjadikan masyarakat lengah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Terutama masker dan cuci tangan ketika berada di kerumunan maupun di lokasi-lokasi yang banyak orang, mohon kiranya tetap taat dengan protokol kesehatan. Semoga saja ikhtiar dan usaha kita ini, akan memberikan dampak positif terhadap kualitas kesehatan masyarakat Bangka Belitung,” tukas Mikron. (Lury)