Browse By

Karya Tulis Ilmiah Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Hasil Tinjauan Tingkat Kelulusan Peserta Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Yang Dilaksanakan Oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Tanggal 24 Maret 2016

(XIII + 36 Halaman, 8 Tabel, 6 Lampiran) Oleh: Tatang Sontani, SKM

ABSTRAK

      Kegiatan pengadaan merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dengan pemerintahan, seperti yang kita ketahui setiap instansi pemerintah baik itu pusat maupun daerah bisa dapat dipastikan ada kegiatan pengadaan. Baik itu untuk kegiatan operasional sehari-hari maupun kegiatan-kegiatan yang non rutin. Untuk melegitimasi seseorang itu telah memahami aturan, maka seorang pejabat pengadaan /anggota Pokja ULP yang berwenang melaksanakan pengadaan harus memiliki sertifikat keahlian Pengadaan barang/jasa. Begitu juga dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) wajib harus memiliki sertifikat keahlian Pengadaan barang/jasa sesuai dengan Perpres 54 tahun 2010. Didapatkan persentase kelulusan peserta ujian pengadaan barang/jasa pemerintah pada tanggal 24 Maret 2016 sangat rendah yaitu 14,58 % atau 7 orang dari 48 peserta, melihat masalah ini maka peneliti ingin mengetahui gambaran persentase kecenderungan faktor penyebab rendahnya  tingkat kelulusan yang dilaksanakan pada tanggal tersebut”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran (persentase dan penilaian) kecenderungan hubungan sarana pembelajaran pendidikan latihan, proses pembelajaran pendidikan latihan, Pengajar, Peserta (Motivasi), Kondisi saat ujian, Passing grade (nilai ambang batas) kelulusan dengan tingkat kelulusan peserta ujian sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

      Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dan sampel seluruh Peserta Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada tanggal 24 Maret 2016. Analisa data diolah dengan Skala Likert yang merupakan suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner.

      Hasil penelitian ini terhadap Kondisi Sarana Pembelajaran adalah Cukup (persentase index 58,3 %), Proses Pembelajaran adalah Cukup (persentase index 57,9 %), Pengajar adalah Baik (persentase index 64,1 %), Peserta (Motivasi) karena terpaksa sehingga sengaja tidak meluluskan diri adalah Sangat Setuju (persentase index 80,4 %), Kondisi Peserta Saat Ujian adalah Baik (persentase index 68,3 %), Passing Grade/Nilai Kelulusan yaitu sangat sulit dalam menjawab pertanyaan soal-soal ujian adalah Setuju (persentase index 76,2 %)

      Disarankan peserta ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah harus penuh dengan kesungguhan dan serius dalam mempelajari mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah karena kesalahan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah konsekuensi hukum sangat tinggi dan selalu aktif mengupdate informasi terbaru karena peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah selalu berubah-ubah.

Daftar Pustaka:  8 (1932-2016)

File download: Karya Tulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *